ANALGESIK DAN ANTIPIRETIK OTC DI APOTEK

Moh Rivaldi
1

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) menghilangkan rasa nyeri ringan hinga sedang, mengurangi peradangan (inflamasi), dan menurunkan demam. Obat ini digunakan untuk mengobati berbagai kondisi termasuk nyeri saat mentruasi, sakit kepala, migren, dan demam.
Pilihan Obat
Antiinflamasi nonsteroid (NSAID) OralAspirin diklofenak, ibuprofen dan asam mefenamat merupakan NSAID oral yang tersedia untuk menghilangkan nyeri dan peradangan.
Dosis Aspirin dan NSAID oral yang disarankan
1. Aspirin
  • Dewasa : 300-900 mg setiap 4-6 jam. (maksimum 3600 mg perhari)
  • Anak-anak : Aspirin tidak boleh digunakan pada anak dibawah 16 kecuali jika diperintahkan oleh dokter. ini dapat meningkatkan syndrome Reye, yang berpotensi fatal.
2. Diklofenak
  • Dewasa dan anak-anak berusia diatas 14 tahun: 25 mg pertama dan kemudian 12,5 – 25 mg setiap 4 – 6 jam (mkasimal 75 mg perhari)
  • Dosis yang lebih tinggi mungkin akan disarankan oleh apoteker atau diresepkan oleh dokter.
3. Ibuprofen
  • Tersedia dalam bentuk tablet, kapsu;, dan suspensi oral.
  • Dewasa dan anak-anak berusia diatas 12 tahun: 200-400 mg 3 hingga 4 kali sehari.
4. Asam mefenamat
  • Dewasa dan anak-anak berusia diatas 14 tahun :  500 mg tiga kali sehari dari awal nyeri hingga maksimal 7 hari.
5. Naproksen natrium
  • Dewasa: 550 mg pertama, kemudian 275 mg setiap 6-8 jam ( maksimal 1375 mg per har.
Antiinfalamasi nonsteroid (AINS) topikal
Benzidamin, diklofenak, ibuprofen, ketoprofen, dan piroksikam tersedia sebagai krim/gel topikal untuk dioleskan ke kulit. biasanya dioleskan ke bagian yang sakit dua hingga empat kali sehari untuk terapi singkat ( 1 – 2 minggu) pada muskuluskeletal dan cedera, seperti cedera karena olahraga, terkilir, tendonitis, dan pembengkakan.
Informasi klinis
Penggunaan pada anak-anak
Ibuprofen merupakan satu-satunya NSAID oral yabg disarankan untuk digunakan pada anak-anak berusisa dibawah 5 tahun dan cocok digunakan pada anak-anak berusia diatas 3 bulan. Untuk anak-anak berusia diatas satu bulan, parasetamol boleh digunakan. Anak-anak yang berusa kurang dari satu bulan yang mengalami demam atau yang memerlukan analgesia harus dirujuk ke dokter.
Penggunaan pada masa kehamilan dan menyusui
Semua NSAID harus dihindari selama kehamilan. Penggunaan NSAID pada awal kehamilan dikaitkan dengan resiko keguguran yang tinggi. Aspirin dosis rendah dapat digunakan selama kehamilan dan pada ibu menyusui dibawah pengawasan medis. diklofenak dan ibuprofen serta NSAID topikal aman untuk digunakan dengan dosis yang dianjurkan ketika menyusui.


Sumber : Buku Obat Bebas(OTC) Di Aotek - Panduan Saran dan Terapi IAI
Demikian artikel singkat mengenai Analgesik dan Antiinfalamasi OTC Diapotik

Posting Komentar

1Komentar

Posting Komentar