Cara Minum Obat yang Baik dan Benar

Moh Rivaldi
3

Obat - Kapsul
image : pixabay.com

Cara Minum Obat yang Baik dan Benar

kesehatan adalah hal paling berharga dalam kehidupan. Banyak yang bilang sehat itu mahal! anggapan itu memang sangat benar akan tetapi sesungguhnya Sehat itu lebih murah dari pada sakit. bayangkan saja bila kita melakukan gaya hidup sehat kita tentunya akan terhindar dari penyakit-penyakit yang bisa jadi biaya pengobtannya sampai dengan ratusan juta rupiah.

Sahabat belajar farmasi blog. kali ini kita akan membahas cara minum obat yang baik dan benar sesuai aturan yang di anjurkan untuk memnuhi kriteria pengobatan yang rasional yaitu 4T + 1W
atau Tepat Pasien, Tepat Indikasi, Tepat Obat, Tepat Dosis dan Waspada Efek samping Obat.
Setiap obat memiliki sifat farmakologis berbeda-beda termasuk waktu paruh dan waktu mulai kerja obat. Hal tersebut akan berpengaruh terhnadap aturan minum obat. Aturan minum obat yang benar sebaiknya disesuaikan dengan dosis dan anjuran dokter. Aturan minum obat berdasarkan pembagian dalam 24 jam.

Apabila obat diminum 3 kali sehari maka jarak minum obat adalah 24 : 3 = 8 jam. Misalnya tertulis 3x1 berarti obat harus diminum setiap 8 jam sekali. Contohnya jam 6 pagi, jam 2 siang, dan jam 10 malam dan setiap kali minum adalah 1 tablet.
Apabila ditulis 3x2 berarti obat diminum setiap 8 jam dan setiap kali minum adalah 2 tablet.
Apabila tertulis 2x1 maka jarak minum adalah 24 : 2 = 12 jam. Contohnya jam 6 pagi dan jam 6 petang.
Apabila tertulis 4x1 maka obat bisa diminum dalam jarak setiap 6 jam sekali. Apabila tertulis 1x1 maka obat diminum sekali sehari pada jam yang sama setiap hari.

Antibiotik 

Cara minum antibiotik harus sampai habis dan sesuai dengan dosis yang tertera. Setiap antibiotik berbeda-beda dosisnya. Sebaiknya anda tanyakan langsung pada dokter yang memberi anda antibiotik.
Antibiotik tidak boleh dikonsumsi tanpa resep dan pengawasan dokter. Berikut informasi yang dapat anda baca untuk menambah wawasan: 

Posting Komentar

3Komentar

  1. mantapp, sekarang ane tahu cara minum obat yang benar.

    BalasHapus
  2. Slama ini kadang2 bisa makan sekali dua. wah, terimakasih untuk informasihnya.

    BalasHapus
  3. Informasi bermanfaat, kebanyakan orang menganggap remeh hal ini.

    BalasHapus
Posting Komentar