Infeksi Menyebabkan Satu hari 6 Kanker

Moh Rivaldi
0
Sebuah kajian mengatakan bahwa sebagian besar infeksi virus, bakteri dan pasrasit yang bisa di cegah atau di obati telah menyabakan sekitar dua juta kasus kanker baru dan 1.5 juta kematian akibat kankerdisetiap tahunya. 

kanker - belajar farmasi
image via : pixabay.com


Ini berarti sekitar 12.7 juta kasus kanker yang diaporkan pada tahun 2008, kata laporan jurnal The Lancet Ocology.

“Penerapan metode kesahatan amsyarakat untuk mencegah infeksi misalnya vaksinasi, prakek penyutikan yang lebih aman atau pengobatan antibakteri, bisa berdampak besar pada masa depan , kanker diseluruh dunia” kata laporan dari International Agency for Research on cancer di Lyon, Parancis.

Empat infeksi hepatitis B dan C, human papillomavirus (HPV) dan bakteri lambung Helicobacter Pylori, bertanggungjawab untuk sebagian besar kasus, yaitu 1.9 juta terutama kanker lambung dan kanker serviks. Knaker yang berkaitan dengan infeksi bertanggung jawab atas 3.3 persen kasus baru dan di Australia selandia baru, tetapi 31.7 di Afrika sub-Sahar, kata laporan itu berdasarkan satu kajian pada 27 jenis kanker di 184 negara.

Kanker serviks bertanggung jawab untuk separuh kanker yang berkaitan dengan infeksi pada wanita. Dan kanker hari serta kanker lambung bertanggunga jawab untuk 80% kasus pada pria.

“sekitar 30% kasus yang berkaitan dengan infeksi terjadi pada orang yang berusia dibawah 50 tahu” kata laporan.

Sumber : Medical Update edisi Agustus 2012
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)