Radang Amandel (tonsil) dan Cara Mengobati Secara Alami

Moh Rivaldi
0
Apa itu amandel? Bagaimana tanda-tanda peradangan amandel, apa saja langkah langkah yang harus kita lakukan bila terserang amandel? Bagaimana cara pengobatan amandel? Kali ini Belajar Farmasi akan memberikan informasi-informasi tersebut dalam artikel cara mengobati amandel secara alami

Amandel (tonsil)


image via : http://oradyne.net


Kelenjar amandel (tonsil) terletak pada kerongkongan, yaitu di belakang kedua ujung lipatan belakang mulut. Kelenjar ini meghasilakan limfosit, yaitu semacam seldara putih yang bertugas membunuh kuman yang masuk kedalam tubuh melalui mulut.

Tanda peradangan amandel :

  1. Amandel membengkak dan berwarnah merah
  2. Kerongkongan sakit dan gatal
  3. Sakit waktu menelan, dan 
  4. Mual atau muntah.

Peradangan tonsil pada anak mengakibatkan demam, sakit kepala, muntah, sakit perut, tubuh lemas dan tiadak bersemangat. Penyebab peradangan tonsil biasaya disebabkan oleh kuman atau virusyang masuk kedalam tubuh melalui mulut.

Langkah-langkah yang harus dilakukan bila terserang radang tonsil

Menurut Prof. H. M. Hembing Wijayakusuma dalam bukunya Hidup Sehat Cara Hembing edisi 11 halaman 9, Penderita radang tonsil sebaikanya banyak beristirahat, perbanyak minum air putih, mium teh ditambah dengan madu, dan tidak boleh meminum minuman yang asam, Seperti; sari jeruk, makanan yang pedas, goreng-gorengan, makanan yang dibakar, makanan yang masih panas dan makanan-makanan lain yang dapat megiritasi kerongkongan.

Pengobatan Secara Kimiawi

Pada penderita radang tonsil/ amandel dalam pengobatannya Obat biasanya diberikan untuk meringankan gejala, misalnya ibuprofen atau parasetamol sebagai pereda rasa sakit. Jika tonsilitis disebabkan oleh bakteri, maka antibiotik bisa digunakan.penderita  harus menghabiskan antibiotika yang telah diresepkan oleh dokter, walaupun sudah dalam keadaan sembuh. Karena kuman penyebab radang tonsil dapat menyerang kembali setelah beberapa hari, dan menimbulkan radang yang lebih parah. Hal ini juga berkaitan dalam aturan penggunaan antibiotik yang baik dan benar. Yaitu harus di habiskan agar semua kuman kuman penyeabab penyakit bisa diatasi secara penuh dan menghindari terjadinya resistensi pada kuman.

Pengobatan secara alami

Bahan makanan alami yang sebaikanya digunakan/dikonsumsi oleh penderita radang tonsil untuk mengobati radang tonsil yang diderita antara lain; daun sambungyawa, daun sambiloto, daun cocor dan daun cocor bebek.
  • Daun sambiloto : 30 gram daun sambiloto dan 15 gram daun sambiloto kering direbus dengan air secukukpnya kira kira 120-200 ml air. Lalu dimium secara teraur.
  • Daun Cocor bebek : 5-10 lembar daun cocor bebek dilumatkan kemudian di ambil airnya. Gunakan air tersebut untuk berkumur.
Demikian sebuah artikel sederhana dari kami, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua. bila ada kritik dan saran dan sesuatu yang perlu dipertanyakan silahkan isi kolom komentar, dan lupa untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat. Salam Belajar Farmasi
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)